Fitur Baru “Terminal Linux” di Ubuntu 12.04


Hai kawan semua, hari ini saya akan menuliskan salah satu fitur baru yang ada di Terminal (Ubuntu 12.04 LTS). Hal ini awalnya saya fikir merupakan sebuah Bug Ubuntu 12.04 yang tidak dapat menampilkan history Command Line di Terminal tetapi Ternyata bukan merupakan sebuah Bug. Biasanya kita dapat dengan mudah menampilkan isi dari Command Line yang telah kita gunakan hanya dengan menekan Tombol Panah Atas di Papan Ketik dan akhirnya keluar History Command Line Terakhir diketikkan. seperti berikut :

Screenshot from 2013-06-04 12:09:56(Silahkan Klik Pada Gambar untuk memperbesar)

Atau dengan perintah,

vikri@ThinkPad:~$ history 10

Perintah tersebut akan menampilkan History di User Default Ubuntu sebanyak 10 History Line, tetapi setelah Terminal ditutup dengan Shortcut Ctrl + D atau dengan perintah exit dan mengetikkan perintah History seperti diatas maka Terminal Linux Ubuntu ini tidak dapat menampilkan Command Terakhirnya. Ini Bukan merupakan Bug tetapi sebuah tambahan fitur keamanannya.

Pertanyaannya adalah bagaimana kita dapat menampilkan Command Line History setelah Terminal ditutup ?

Nih jawabnya :😀

Command Line History hanya diperuntukkan untuk ROOT / Administrator Utama di Linux. jadi Command Line History di User biasa tidak akan di ingat diterminal, ini ditakutkan akan ada user selain root dapat melihat kegiatan terkhir yang dilakukan untuk mengkonfigurasi komputer, dan hal ini sangat tidak diinginkan dan berbahaya bagi komputer kita. So, jika ingin mengakses Command Line Hostory setelah Terminal ditutup Anda harus menggunanakan akses Root dengan mengetikkan perintah :

vikri@ThinkPad:~$ sudo bash
[sudo] password for vikri : ->(ketikkan password Anda)
root@ThinkPad:~# 

Setelah Anda berada di Root, maka segala aktivitas Anda akan direkam di history line linux, maka jika Anda ingin menampilkan kembali Command Line History di terminal cukup dengan tekan tombol Arah Atas di Papan Ketik.🙂

dan juga sebuah TIPS buat Anda, selalu hapus Command Line History di terminal setelah Anda mengkonfigurasi komputer yang sifatnya sangat rahasia dan hanya Anda yang tahu perintah itu. dengan mengetikkan perintah hapus Command Line Seperti berikut :

root@ThinkPad:~# history -c

Selamat mencoba, Salam….🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s